Buka Kadin Jatim Golf Tournament, LaNyalla Tekankan Pentingnya Pembinaan Golfer Junior

Agung Prasetyo
13/11/2021, 13:24 WIB
Last Updated 2021-11-13T06:24:28Z
SURABAYA
- Kadin Jatim Golf Tournament kategori amatir resmi dibuka pagi ini oleh Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dengan melakukan pemukulan bola pertama atau tee off di Bukit Darmo Golf Surabaya, Sabtu (13/11/2021).

Berbeda dangan tahun-tahun sebelumnya, pada Kadin Jatim Golf Tournament tahun 2021 ini panitia  menambahkan kategori junior yang telah dilaksanakan pada hari Kamis (11/11/2021). Total peserta junior yang mengikuti sebanyak 50 golfer junior yang berasal dari berbagai daerah, di antaranya Jawa Timur, Yogyakarta , DKI Jakarta, Aceh Makassar dan Sulawesi. Sementara untuk kategori amatir peserta mencapai 310 golfer.

"Saya sangat mengapresiasi komitmen Kadin Jatim untuk ikut melakukan pembinaan atlet golf junior. Karena pembinaan bagi anak-anak ini memang sangat diperlukan. Dengan banyaknya pertandingan yang mereka ikuti, saya yakin akan muncul pegolf profesional yang akan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia," ujar LaNyalla usai membuka Kadin Jatim Golf Tournament.

Kadin Jatim Golf Tournament diselenggarakan oleh Kadin Jatim yang diikuti sekitar 360 peserta, 310 peserta untuk kategori amatir dan 50 peserta untuk kategori junior. Turnamen memperebutkan piala bergilir Ketua DPD RI dan Ketua Kadin Jatim serta hadiah hole in one berupa Toyota Alphard, Honda Accord, Toyota Fortuner dan Honda CRV.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menambahkan atlet golf junior memang membutuhkan pengalaman, membutuhkan banyak pertandingan. Untuk itu, pada turnamen golf di tahun ini, Kadin memberikan ruang untuk atlet golf junior. "Akan terus kami ikutkan di tahun depan. Dan untuk junior ini kami berikan hadiah stik golf dan beasiswa," tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pembina Atlit Junior Persatuan Golf Indonesia (PGI) dibawa naungan KONI Provinsi Jatim, Christiano Januar bahwa saat ini peminat olah raga golf junior sudah semakin banyak. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang jumlahnya sangat kecil. 

"Kalau dulu masih di bawah 5 anak, sekarang jumlah atlet junior yang ada di PGI Jatim sudah mencapai 60 anak dan tidak semua berlatarbelakang keluarga pegolf. Ada juga yang orang tuanya tidak mengerti sama sekali tentang golf. Untuk itu, kami akan terus melakukan sosialisasi agar makin banyak atlet golf yang muncul di tanah air," ungkap Yayan, panggilan akrab Christiano Januar.

Menurut Yayan, golf adalah salah satu olahraga yang memiliki peran penting dalam mencetak seorang pemimpin. Karena dalam olahraga ini diajarkan tentang bagaimana mengambil keputusan yang tepat, sabar dan jujur. 

"Bagaimana mengambil bola yang berada di lobang kecil tanpa memegang, bagaimana melakukan pukulan yang tepat, itu harus diputuskan sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain. Bermain golf harus jujur dan sabar," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kadin Jatim Golf Tournament Ulya Abdillah mengungkapkan bahwa turnamen golf ini adalah turnamen tahunan yang telah digelar Kadin Jatim berulang kali. Hanya saja sempat terhenti karena pandemi Covid-19, sehingga baru tahun ini bisa digelar. Pada tahun ini, turnamen memang ditambah dengan kategori junior. 

Menurut pengakuan Ulya, golfer junior yang ditandingkan kemarin tidak hanya gobar, tetapi murni pertandingan yang diskoring sesuai dengan ketentuan dalam aturan golf.

"Semangat kita untuk pembinaan junior. Kadin sebagai wadah pengusaha kita berharap menjadi bapak asuh para atlet golf junior yang berprestasi. Kita konsen tahun depan juga akan adakan junior, terlebih pak Ketua DPD RI  juga sangat konsen dengan pembinaan atlet junior," pungkasnya.

Ikut serta dalam turnamen tersebut, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono dan beberapa Senator, seperti Fernando Sinaga, Hasan Basri dan Marthin Billa asal Kalimantan Utara dan Achmad Nawardi Senator asal Jawa Timur.

TrendingMore